Referensi dan Tutorial Lengkap Tentang Dunia Per-Website-an
Membuat Sendiri Website Toko Online dengan WordPress

Membuat Sendiri Website Toko Online dengan WordPress

Membuat sendiri website toko online dengan WordPress – Berkembangnya teknologi secara pesat memberikan dampak yang baik, sekarang kita lebih mudah untuk melakukan banyak aktivitas hanya dengan internet.

Salah satu dampak positif yang bisa kita rasakan antara lain seperti mudahnya kita berjualan atau membuka toko secara online, online shop atau kita mengenalnya dengan toko online adalah sistem belanja online yang mana pembeli dapat menanyakan harga atau pertanyaan terkait produk dan secara langsung bertransaksi melalui berbagai media sosial atau marketplace.

Dengan memiliki toko online kita mendapatkan banyak keuntungan seperti praktis , serta menawarkan waktu yang sangat cepat. Hanya dengan beberapa menit pun, Anda sudah bisa melakukan transaksi dan tinggal menunggu barangnya dikirim.

Pada pembahasan kali ini, kami akan memberikan penjelasan mengenai cara membuat sendiri website toko online dengan wordpress. Untuk itu, jika Anda penasaran, yuk! ikuti pembahasan ini sampai habis.

Apa Saja yang Dibutuhkan untuk Membuat Sendiri Website Toko Online dengan WordPress?

Hosting

Hosting atau web hosting adalah tempat untuk menyimpan semua file dan data website sehingga dapat diakses oleh banyak orang melalui internet,  data-data tersebut dapat berupa gambar, dokumen, atau file yang ada pada suatu website.

Fungsi dari hosting tidak hanya sebagai sistem layanan online untuk mengelola sebuah situs oleh pengguna untuk ditampilkan melalui media internet, fungsi utama dari penggunaan hosting adalah mampu mengembangkan berbagai website, membuat email profesional, dan melindungi situs dari dengan bantuan SSL.

Perlu diketahui, hosting sangat diperlukan untuk membuat sebuah website toko online, karena hosting juga diibaratkan sebagai rumah. Terlepas dari itu, hosting juga memiliki banyak sekali jenisnya, Anda bisa mengunjungi pembahasan sebelumnya mengenai hal ini.

Domain

Domain adalah sebuah nama yang mudah diingat yang terkait dengan alamat IP disik di Internet. Umumnya nama domain diambil dari nama brand, perusahaan, personal, komunitas, apapun apapun itu yang mencerminkan tentang website tersebut.

Apa fungsi dari domain? selain mempermudah para pengguna atau pengunjung website, fungsi lainnya adalah sebagai identitas dari sebuah server website agar nantinya pengguna tidak salah alamat saat mengunjungi website.

Perlu diketahui, domain memiliki banyak sekali ekstensi yang tersedia seperti com, net, org, app, website, online, dan masih banyak lagi, ekstensi-ekstensi tersebut memiliki peruntukan yang berbeda-beda, oleh karena itu ada baiknya Anda mengetahuinya secara lebih dalam.

Apa Pengertian WordPress Dan Fungsinya?

Dengan adanya kemudahan teknologi, WordPress merupakan salah satu kemudahan dari membangun sebuah website, Anda tidak perlu lagi pusing memikirkan bagaimana cara membuat website dengan bahasa pemrograman atau memikirkan hal-hal lain.

WordPress adalah sebuah sistem manajemen konten atau CMS yang bisa digunakan untuk membuat dan mengelola sebuah website atau blog. Sistem WordPress berjalan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL atau MariaDB.

Fungsi dari WordPress itu sendiri yaitu dapat dipakai untuk membangun sebuah website dalam berbagai skala, mulai dari blog sederhana hingga toko online dengan berbagai produk. Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa wordpress termasuk pada CMS yang memiliki sifat mobile friendly, dengan adanya hal itu website atau apapun itu yang dibangun dengan wordpress dapat menyesuaikan tampilan dengan berbagai ukuran layar.

Cara Membuat Sendiri Website Toko Online Dengan WordPress

1. Install WordPress

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk membuat website toko online yaitu menginstall WordPress terlebih dahulu, namun dalam hal ini Anda tidak perlu khawatir karena caranya sangat mudah.

Umumnya, Provider hosting sudah memberikan fitur softaculous yang bisa digunakan untuk menginstall WordPress dari Cpanel, Anda cukup login Cpanel hosting, lalu melakukan setup dengan memilih nama domain pada kolom Choose.

Setelah itu, isi nama toko online dan deskripsi dan tentukan juga username dan password agar dapat digunakan untuk login dashboard WordPress. Ikuti langkah-langkah tersebut sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan.

Website Instan

2. Buat Layout

Layout merupakan suatu penentuan tata letak desain pada elemen tertentu sehingga menghasilkan visual yang menarik. Dengan memiliki layout yang sangat baik pengunjung toko online Anda akan mendapatkan pengalaman yang sangat baik.

Ada banyak sekali referensi yang beredar di berbagai media sosial untuk membuat sebuah layout yang menarik. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, tidak ada salahnya Anda mencari informasi-informasi lain mengenai layout website toko online.

Umumnya website toko online memiliki beberapa halaman seperti home, produk, katalog, checkout, informasi pembayaran, dan yang paling penting yaitu customer service, serta pelacakan pesanan, kategori produk, dan pencarian.

3. Install Woocommerce

WooCommerce adalah sebuah plugin yang toko online gratis yang disediakan oleh WordPress. Dengan adanya plugin ini, Anda tidak perlu bersusah payah, karena WooCommerce dapat mengubah sebuah website menjadi toko online dengan berbagai ditur menariknya.

Untuk menggunakan plugin ini Anda perlu masuk ke menu plugin pada WordPress dan klik Add New. Kemudian Anda perlu mencari plugin ini dengan cara melakukan pencarian WooCommerce di kolom pencarian.

Setelah menemukan pluginnya, sekarang Anda perlu menginstalnya, umumnya menginstal plugin ini membutuhkan waktu yang tidak terlalu lama. Setelah menginstalnya, tekan aktifkan plugin dan sekarang WooCommerce sudah terpasang.

bikin-website-gampang-dengan-woocommerce

4. Sesuaikan Template

Jika sudah memiliki WooCommerce, tahap selanjutnya cara membuat website toko online dengan WordPress Anda perlu memilih dan menginstal template atau tema yang sesuai dengan toko online.

Terlepas dari itu, WordPress menyediakan berbagai kemudahan seperti adanya banyak pilihan template atau teman yang menarik untuk toko online, Anda dapat menggunakannya secara gratis atau premium.

Untuk cara menginstalnya kurang lebih sama dengan memasang plugin WooCommerce, Anda perlu masuk ke menu Themes lalu add new. Setelah itu, cari tema atau template yang sesuai dan tekan install, lalu aktifkan.

5. Setting Toko Online

Meskipun tampilan dari toko online Anda sekarang lebih menarik karena sudah dipasang tema, namun ada baiknya Anda melakukan pengaturan. Hal ini untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Anda cukup melakukan setting pada WooCommerce, dengan melakukan setting Anda dapat menambahkan produk atau hal-hal lainnya pada toko online yang telah Anda buat.

6. Lakukan Pengaturan WooCommerce

Cara membuat website toko online dengan wordpress selanjutnya Anda perlu menyetel WooCommerce. Masuk pada halaman dashboard terlebih dahulu, dan pilih kolom yang bertulisan Welcome to WooCommerce dan klik Run The Setup Wizard.

Sesuaikan pengaturan payment, serta ongkos kirim, dna lainnya pada WooCommerce ini. Mudahnya, jika Anda mengkombinasikan plugin ini dengan Jetpack maka Anda perlu mengkonekannya saja.

7. Tambahkan Produk

Cara membuat website toko online dengan wordpress terakhir adalah menambahkan produk. Caranya Anda perlu memilih menu products lalu klik add new. Jika sudah memasuki halaman add new, selanjutnya isi semua informasi mengenai produk yang akan ditambahkan.

produk-online-di-woocommerce

Perlu diketahui, isi form-form tersebut sesuai dengan produk yang Anda jual misalnya jumlah stok atau kategori serta apapun itu. Jika produk yang Anda jual sama dengan deskripsi pada toko online, secara tidak langsung akan meningkatkan rasa kepercayaan pelanggan kepada toko Anda.

Itulah tadi langkah-langkah dalam membuat sendiri website toko online dengan WordPress yang dapat anda lakukan sendiri dengan mudah. Adapun tahapannya adala sebagai berikut:

  1. Install WordPress
  2. Buat Layout
  3. Install Woocommerce
  4. Sesuaikan Template
  5. Setting Toko Online
  6. Lakukan Pengaturan WooCommerce
  7. Tambahkan Produk

Setelah website toko online selesai dibuat, maka Anda bisa mulai melakukan promosi. Anda juga bisa membaca artikel berikut mengenai meningkatkan kepercayaan pelanggan dalam bisnis online agar bisnis anda semakin lancer dan menghasilkan profit yang telah ditargetkan sebelumnya.

sushi bikin website gampang oishii

BIKIN WEBSITE UNTUK LEMBAGA ANDA SEKARANG DENGAN HARGA SPECIAL !!!
Dapatkan Unlimited Hosting + Free Domain + Free SSL dari NIAGAHOSTER dengan Harga Terjangkau Kualitas Terbaik

KODE VOUCHER NIAGAHOSTER DISCOUNT 5%


Masukkan Kode Saat Checkout.

Kode Kupon : BIKINWEBSITEGAMPANG

Pilihan Produk Terbaik